You Are Here: Home » NASIONAL » Kasus Ahmadiyah Tasikmalaya : Dua Tersangka Langsung Ditahan di Polda Jawa Barat.

Kasus Ahmadiyah Tasikmalaya : Dua Tersangka Langsung Ditahan di Polda Jawa Barat.

AhmadiyahJakarta,Progresivenews.com-Polda Jawa Barat bergerak cepat mengusut kasus perusakan pemukiman jemaah Ahmadiyah di Tasikmalaya, beberapa hari lalu. Polda menetapkan dua tersangka dalam kasus ini.

Kepada wartawan, Selasa 7 Mei 2013, Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Martinus Sitompul menjelaskan, inisial dua tersangka itu adalah TA dan AR. “Ini hasil pemeriksaan tujuh saksi di Ditreskrimum Polda Jabar,” kata Martinus.

Dia menambahkan, kedua tersangka ditahan di sel tahanan Polda Jabar terhitung hari ini. Polisi menjerat kedua tersangka dengan Pasal 170 jo 406 KUHPidana tentang pengeroyokan dan pengrusakan. “Hukuman penjara bisa sampai lima tahun penjara.”

Diberitakan sebelumnya, perkampungan jemaah Ahmadiyah di kampung Wanasigra dan Citeguh, Desa Tenjowaringin, Kabupaten Tasikmalaya, diserang oleh ratusan orang tak dikenal, Minggu 5 Mei 2013. Puluhan rumah dan tempat ibadah dirusak oleh massa yang diduga dari luar desa tersebut.

Juru bicara Ahmadiyah, Dodi A. Kurniawan, Minggu 5 Mei 2013, menjelaskan, sekitar pukul 01.00 dini hari, sekitar 100-200 orang menyerang kampung yang dikenal dengan nama kampung Jemaah tersebut dan melakukan perusakan terhadap rumah dan fasilitas umum.

“Satu madrasah, satu masjid, satu musala, dan rumah-rumah jemaah dirusak, dilempari batu. Total ada 29 bangunan yang dirusak,” kata Dodi kepada Kepada wartawan.

Ia menduga, massa berasal dari luar kampung tersebut karena 95 persen warga setempat merupakan jemaah Ahmadiyah. Penyerangan tersebut berlangsung cepat, hanya 15 menit, karena polisi yang berjaga dengan cepat menghalau massa untuk keluar kampung.(TKU,CFS)Follow@Progresivenews

Leave a Comment

Home | Contact | Copyright 2013 Progresive News - Powered by CNET